CLBK

Istilah CLBK telah menjadi populer di era milenial ini. Terutama di kalangan kawula muda. Dalam afmofsir asmara, Cinta Lama Bersemi Kembali tentunya sah-sah saja. Selama kedua sejoli menikmati proses dan tujuannya.

Sementara dalam kegiatan menulis, CLBK saya panjangkan menjadi sebuah ajakan sekaligus perintah untuk diri saya, yakni: COBA, LAKUKAN, BUDAYAKAN dan KONSISTEN. Frase ini sederhana, namun sangat mengikat saya. Kalau Omjay mengatakan “Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi”, maka saya pasang alarm untuk diri saya, “Tuailah hasil selama masih sanggup CLBK.”

COBA

Tak ada satu pun usaha yang berhasil jika tidak mencobanya lebih dahulu. Sama halnya dengan menulis, memulainya kadang susah, terutama dalam membangun ide lalu mencurahkannya kalimat demi kalimat. Mencoba berulang-ulang akan melatih kita memproduksi untaian kata-kata yang menghasilkan kalimat bermakna.

LAKUKAN

Ketika kita sudah mencoba, telah menemukan rasa dan keunikan tulisan kita, maka harus terus dilakukan agar ide kita tidak mengendap seiring berlalunya waktu.

BUDAYAKAN

Menulis harus menjadi budaya kita. Menjadi bagian dari cara hidup kita. Menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan kita. Jadi, budayakan menulis, sehingga menjadi panggilan beraktifitas setiap hari.

KONSISTEN

Tak ada karya yang terselesaikan dengan baik tanpa konsistensi. Konsisten dalam menulis adalah misi untuk mencapai visi seorang penulis, yakni menghasilkan sebuah karya tulisan yang bisa memberi inspirasi bagi banyak orang.

Jadi, jangan takut CLBK, namun nikmatilah prosesnya dan syukuri hasilnya.

3 thoughts on “CLBK

Leave a comment